Wednesday, October 23, 2019

Pengalaman Saya Bahagia Bersama AirAsia #BahagiaBersamaAirAsia (Info Tiket Gratis dan Destinasi Wisata)

Kalau biasanya saya mulai artikel saya dengan kalimat “Tiket gratis lagi!! Yuhuuuu…”, kali ini saya akan membagikan pengalaman saya terbang bersama AirAsia yang sebagian besarnya saya dapatkan dari berburu tiket gratis. Banyak sekali pertanyaan dari teman-teman yang ditujukan ke saya mengenai tiket hemat / gratis dari AirAsia ini. Maka, saya akan coba berbagi lewat tulisan ini. Mudah-mudahan bisa memenuhi rasa ingin tahu dari kalian ya.

Salah Satu Pesawat AirAsia

Saya mengenal AirAsia dari jaman masih sekolah (sekitar tahun 2004). Waktu itu, saya berkeinginan untuk travelling, tetapi apa daya, ekonomi tidak memungkinkan. Apalagi sampai meminta uang dari orangtua. Rasanya tidak mungkin.
Ketika mendekati lulus kuliah, teman-teman mengajak saya ke Bali untuk acara perpisahan. Nah, inilah pertama kalinya saya terbang bersama AirAsia. Jujur, waktu itu saya memilih AirAsia karena maskapai ini yang paling murah di antara maskapai lain. Ternyata, saat naik pesawatnya, saya merasa sangat nyaman. Apalagi pada saat take-off dan landing. Menurut saya, setiap kali saya naik AirAsia, saya selalu merasa aman ketika take-off dan landing. Sejak saat itu, saya jadi “ketagihan” berburu tiket AirAsia.
Bagaimana dengan tiket gratis? Oke, saya akan bahas caranya ya… Sebenarnya caranya sangat mudah. Buktinya, saya sudah berkali-kali dapat tiket gratis ke luar negeri. Sebelum ada promo tiket gratis, saya sangat menyarankan kalian untuk mendaftarkan email kalian menjadi anggota BIG. Banyak banget keuntungannya kalau kita menjadi anggota BIG, mulai dari mendapat info-info terbaru hingga pengumpulan poin yang dapat kita tukarkan lagi menjadi tiket. Seru kan? Keuntungan yang paling bermanfaat bagi saya adalah dengan menjadi anggota BIG, kita mendapatkan prioritas satu hari dalam berburu tiket gratis. Lumayan loh, jadinya tidak terlalu banyak saingannya.
Untuk berburu tiket gratis, biasanya akan dimulai pukul sebelas malam. Tips dari saya, kita berburu di sekitar jam dua belas saja, karena biasanya pukul sebelas itu banyak banget yang sudah antri mau berburu, jadi kadang-kadang agak sulit dapatnya. Pengalaman saya sih biasanya lebih mudah di jam 12 atau jam 1. Berburunya bisa lewat aplikasi di HP ataupun lewat website AirAsia ini. Saya selalu menggunakan aplikasi di HP, karena lebih praktis dan bisa cari-cari tiket di mana saja. Kemudian, rute yang gratis paling banyak adalah rute internasional, seperti Malaysia dan Singapura. Jangan mencari tiket gratis untuk penerbangan high season ya. Tidak akan dapat. Tiket normal aja jadi mahal kan kalau high season? Hehehe… Usahakan cari penerbangan di weekdays, tetapi tidak menutup kemungkinan dapat weekend. Saya pernah dapat weekend untuk penerbangan gratis ke Penang.
Saat berburu tiket gratis, harus cepat memutuskan ya… Jadi jangan lama-lama mikirnya. Nanti keburu lepas tiket gratisnya. Jadi biasanya, saya langsung booking begitu dapat. Setelah tiket sudah di tangan, baru deh saya beli ini-itu. Nah, apa saja yang bisa kita lakukan di aplikasi atau website AirAsia?
Membeli kursi. Ini hal yang paling sering saya lakukan, karena saya biasanya pergi bertiga dengan orang tua saya. Jadi saya tidak mau duduk terpisah dengan mereka. Nah, untuk kursi ini dibagi menjadi beberapa kategori. Tinggal pilih mana yang paling nyaman untuk kalian.
Membeli asuransi. Ini juga penting lho untuk jaga-jaga. Asuransi ino bukan hanya mencakup jiwa, tetapi juga untuk bagasi dan keterlambatan.
Makanan (menu Santan). Saya paling sering terbang di pagi hari dan malam hari, karena gak mau rugi. Hahaha… Jadi, saya biasanya membeli makanan di pesawat. Tips dari saya, lebih baik beli makanan sebelum penerbangan, supaya lebih murah dan lebih bamyak variasi. Menu Santan dari AirAsia juga banyak variasi dan menurut saya, rasanya sangat enak.

Menu Santan AirAsia
Bagasi. Beberapa kali penerbangan terakhir, saya selalu membeli bagasi, karena saya baru memulai bisnis jastip. Kalau hanya bagasi kabin, pasti tidak cukup.
Check-in. Kita juga bisa check-in lewat aplikasi loh. Ini sangat memudahkan, apalagi jika penerbangan paling pagi. Jadi kita tidak perlu datang terlalu awal hanya untuk antri check-in. Di bandarapun, kita bisa melakukan proses check-in lewat mesin AirAsia. Prosesnya mudah, hanya dengan men­-scan­ paspor dan melaporkan berapa koper yang akan masuk bagasi. Setelah itu, akan keluar tiket dan stiker untuk dipasang di koper. Kalau masih bingung, jangan takut karena di sana pasti ada petugas yang siap membantu.
Banyak rute yang bisa dijangkau AirAsia. Kali ini, saya akan membagikan pengalaman saya ke beberapa destinasi yang sudah pernah saya kunjungi dengan pesawat AirAsia.
Domestik:
Bali. Pertama kali saya terbang dengan AirAsia ya ke Bali ini. Pergi bersama teman-teman untuk acara perpisahan di tahun 2010. Kemudian di tahun 2015, saya ke Bali lagi bersama keluarga. Bali merupakan surganya pecinta laut. Ini merupakan salah satu destinasi utama di Indonesia. Bukan hanya laut, tapi Bali juga terkenal dengan wisata kebudayaannya. Saya ada rencana untuk balik lagi ke Bali untuk mengunjungi GWK yang sekarang sudah bagus.

Tegalalang - Terasering di Bali

Kintamani

Objek Wisata Pura
Jogjakarta. Saya sudah 4 kali ke Jogja, yaitu di tahun 2014, 2015, Juni 2018, dan Desember 2018. Pengalaman paling menarik yaitu di Juni 2018. Saat itu, sengaja saya pergi di  tanggal ulang tahun papa. Beliau sangat menyukai gunung. Keinginannya ke Merapi tercapai di tahun 2018 kemarin. Tidak hgnya Merapi, kami juga ke Dieng dan Sarangan. Ini adalah destinasi-destinasi yang ingin dikunjungi papa. Senang rasanya bisa mengajak beliau ke tempat yang ingin ia kunjungi.

Prambanan

Borobudur

Wisata Merapi

Hutan Pinus

Museum Ullen Sentalu

Candi Sambisari

Internasional:
Malaysia (Kuala Lumpur). Saya sudah 4 kali ke negara tetangga ini dengan menggunakan tiket gratis, yaitu di tahun 2012, 2013, 2015, dan 2018. Tempat wisata favorit saya di KL adalah Genting dan Batu Caves. Saya sangat menyukai suasana sejuk di Genting. Pengalaman tak terlupakan adalah ketika naik kereta gantung (skyway). Awalnya ketika baru naik, saya berani. Tapi begitu sampai di titik tertinggi, saya langsung takut. Karena pemandangannya tertutup kabut semua dan kereta gantungnya bergoyang tertiup angin. Wah, rasanya seperti olahraga jantung, tapi bikin ketagihan. Hahaha… Di genting, tidak hanya terdapat shopping mall saja, tetapi juga ada Chin Swee Temple. Sempatkan diri kalian ke sini ya, karena pemandangannya sangat indah. Batu Caves juga tempat favorit saya. Dulu waktu pertama kali pergi, tangga-tangganya masih belum secantik sekarang. Jangan lupa juga untuk membeli nangka di Batu Caves ini, karena nangkanya sangat manis.

Menara Kembar Petronas

Mall di Genting

Awana Skyway Menuju Genting

Chin Swee Temple

Melaka

Sungai Melaka

Batu Caves (Sebelum Renovasi)

Batu Caves (Setelah Renovasi)
Malaysia (Penang). Baru Oktober 2019 kemarin saya mengunjungi Penang dengan tiket gratis. Tempat ini juga menarik dengan segala kulturasi budayanya. Penang juga merupakan salah satu destinasi pecinta kuliner, karena kuliner di sini sangat enak dan murah.

Rainbow Skywalk Komtar

Kek Lok Si Temple

Bukit Bendera - Penang Hill

Penang Peranakan Mansion

Street Art
Singapura. Terakhir kali saya mengunjungi Singapura di tahun 2013. Januari 2020 nanti, saya akan ke Singapura lagi. Ini adalah negara favorit saya karena keamanan, kebersihan dan ketertibannya. Semoga suatu hari nanti, Indonesia bisa bersih dan tertib seperti Singapura ya… Saya senang berkunjung ke Singapura karena transportasi di sana sangat mudah.

Merlion dan Esplanade

Universal Studio

S.E.A Aquarium di Sentosa Island

Pertunjukkan Crane Dance di Sentosa Island

Itulah pengalaman saya travelling ke beberapa destinasi wisata dengan tiket murah dan tiket gratis dari AirAsia. Terus terang, saya tidak pernah membayangkan bisa pergi berkali-kali ke luar negeri dengan biaya yang terjangkau dan bisa mengajak orang tua juga. Terima kasih Air Asia. Ayo kita #BahagiaBersamaAirAsia !

Jangan lupa foto bersama pesawat AirAsia :)